kmsep

Published: 37 articles

PKM EXPO

PKM EXPO

1465638055950

Gambar 1. Suasana PKM Expo pagi hari

PKM Expo merupakan pameran hasil PKM karya mahasiswa Pertanian. PKM Expo diadakan oleh Departemen Keilmuan KMSEP pada hari Kamis, 12 Mei 2016. Pada mulanya akan ada lima stand yang memeriahkan PKM Expo namun pada hari H hanya terdapat tiga stand yang mengisi. Stand tersebut yaitu Cacaopack, Tas Eggtray dari Ampas Tebu, dan Teh Damang Cinta.

 

Cacaopack merupakan produk PKM yang diketuai Dewi Purnamasari (Pertanian 2015). Cacaopack memiliki ide untuk mengolah limbah kakao menjadi berbagai macam produk.

 

1465638054172

Gambar 2. Stand Cacaopack di PKM Expo

1465638052174

Gambar 3. Cacaopack

Tas Eggtray merupakan produk PKM yang diketuai Astri Ekaputri (Pertanian 2014). Tas Eggtray didasari oleh pemikiran bahwa 90% dari tebu adalah ampas dan bagaimana cara membawa telur dengan praktis. Oleh karena itu lahirlah tas eggtray yang terbuat dari ampas tebu.

1465638050322

Gambar 4. Tas eggtray dari ampas tebu

Teh Damang Cinta merupakan produk PKM yang diketuai Bustomi Lameiheriwa (Teknologi Pertanian). Teh Damang Cinta merupakan singkatan dari “teh daun mangga cincau hitam”, karena disadari oleh Rikcy dkk bahwa daun mangga memiliki khasiat begitu pula dengan cincau hitam. Oleh karena itu penggabungan keduanya menjadi Teh Damang Cinta yang bermanfaat bagi kesehatan.

1465638047375

Gambar 5.  Teh damang cinta

PKM Expo kali ini merupakan yang pertama sehingga masih perlu banyak evaluasi. Jadi nantikan PKM Expo #2 yang akan dibawakan dengan lebih baik!

Gambar 5.  Teh damang cinta

TUGAS FGD

Kurikulum di Sosial Ekonomi Pertanian UGM

Narasumber: Rudi Hari Murti

Kurikulum adalah sebuah sistem rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran yang digunakan dalam aktivitas belajar mengajar. Kurikulum di tingkat universitas biasanya disusun oleh asosiasi program studi, sehingga seharusnya kurikulum yang digunakan setiap program studi di seluruh universitas adalah sama. Tetapi, karena adanya kendala seperti pengelompokkan jurusan yang berbeda-beda di berbagai universitas di Indonesia, hal tersebut menjadi sulit untuk dilakukan. Kurikulum yang digunakan di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada sendiri sempat mengalami perubahan, yaitu dari kurikulum 2002 ke kurikulum 2007. Kurikulum 2007 digunakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada dalam waktu yang cukup lama. Dari segi keilmuan, kurikulum 2007 dinilai baik. Namun, ternyata kurikulum 2007 bersifat sangat spesifik. Penilaian tersebut didasarkan pada hasil tesis kepada pengguna dan alumni. Kurikulum 2007 bersifat spesifik karena berfokus pada pokok bahasan atau pilihan mata kuliah sesuai dengan peminatan yang diambil.

Setelah kurikulum 2007 diterapkan dalam beberapa tahun, terdapat kurikulum yang lebih baru yaitu kurikulum 2011. Pihak fakultas kemudian memilih untuk menggunakan kurikulum 2011 karena dirasa lebih cocok untuk digunakan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Secara substansi, sampai sekarang kita masih menggunakan kurikulum 2011. Kurikulum 2011 bersifat generalis, yaitu mahasiswa harus menguasai mata kuliah yang bersifat general atau umum di Fakultas Pertanian, kemudian di semester tertentu mahasiswa hanya akan mendalami mata kuliah tertentu sesuai dengan minat yang diambil. Kurikulum 2011 dipilih karena fakultas kita bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang pertanian, mengingat seluruh ilmu di setiap jurusan yang ada di fakultas pertanian saling berhubungan. Sebagai contoh untuk budidaya tanaman semusim, kita memerlukan ilmu budidaya pertanian, pengolahan lahan dari jurusan tanah, pemilihan pupuk terbaik dari mikrobiologi, pengendalian hama dan penyakit tumbuhan dari jurusan hama dan penyakit, dan analisis ekonomi dari jurusan sosial ekonomi pertanian. Sebenarnya sudah ada kurikulum yang lebih baru, yaitu kurikulum 2014. Namun, pihak fakultas memilih untuk tetap menggunakan kurikulum 2011 karena tidak banyak perbedaan yang signifikan dengan kurikulum terbaru. Jadi, masing-masing kurikulum 2007 maupun kurikulum 2011 memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Pemilihan kurikulum yang tepat tentunya akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan unggul di bidangnya.

Tugas yang harus dikerjakan oleh para calon staf KMSEP 2016, yaitu bagaiamana pendapat anda tentang kurikulum yang sebaiknya kita gunakan? Apakah kurikulum 2007 yang bersifat spesifik? Atau kurikulum 2011 yang bersifat generalis?

Berikan pendapat anda beserta alasan anda mengapa anda memilih kurikulum tersebut di kertas A4, maksimal 2 lembar, diketik dengan jenis font Times New Roman ukuran 12pt, spacing 1.5, remove before-after paragraph!

Talkshow Koperasi

Picture4

Talkshow Koperasi merupakan program yang dilaksanakan oleh Biro KOPMASEP. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa koperasi di setiap mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian