Results for category "Kegiatan"

TUGAS FGD

Kurikulum di Sosial Ekonomi Pertanian UGM

Narasumber: Rudi Hari Murti

Kurikulum adalah sebuah sistem rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran yang digunakan dalam aktivitas belajar mengajar. Kurikulum di tingkat universitas biasanya disusun oleh asosiasi program studi, sehingga seharusnya kurikulum yang digunakan setiap program studi di seluruh universitas adalah sama. Tetapi, karena adanya kendala seperti pengelompokkan jurusan yang berbeda-beda di berbagai universitas di Indonesia, hal tersebut menjadi sulit untuk dilakukan. Kurikulum yang digunakan di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada sendiri sempat mengalami perubahan, yaitu dari kurikulum 2002 ke kurikulum 2007. Kurikulum 2007 digunakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada dalam waktu yang cukup lama. Dari segi keilmuan, kurikulum 2007 dinilai baik. Namun, ternyata kurikulum 2007 bersifat sangat spesifik. Penilaian tersebut didasarkan pada hasil tesis kepada pengguna dan alumni. Kurikulum 2007 bersifat spesifik karena berfokus pada pokok bahasan atau pilihan mata kuliah sesuai dengan peminatan yang diambil.

Setelah kurikulum 2007 diterapkan dalam beberapa tahun, terdapat kurikulum yang lebih baru yaitu kurikulum 2011. Pihak fakultas kemudian memilih untuk menggunakan kurikulum 2011 karena dirasa lebih cocok untuk digunakan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Secara substansi, sampai sekarang kita masih menggunakan kurikulum 2011. Kurikulum 2011 bersifat generalis, yaitu mahasiswa harus menguasai mata kuliah yang bersifat general atau umum di Fakultas Pertanian, kemudian di semester tertentu mahasiswa hanya akan mendalami mata kuliah tertentu sesuai dengan minat yang diambil. Kurikulum 2011 dipilih karena fakultas kita bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang pertanian, mengingat seluruh ilmu di setiap jurusan yang ada di fakultas pertanian saling berhubungan. Sebagai contoh untuk budidaya tanaman semusim, kita memerlukan ilmu budidaya pertanian, pengolahan lahan dari jurusan tanah, pemilihan pupuk terbaik dari mikrobiologi, pengendalian hama dan penyakit tumbuhan dari jurusan hama dan penyakit, dan analisis ekonomi dari jurusan sosial ekonomi pertanian. Sebenarnya sudah ada kurikulum yang lebih baru, yaitu kurikulum 2014. Namun, pihak fakultas memilih untuk tetap menggunakan kurikulum 2011 karena tidak banyak perbedaan yang signifikan dengan kurikulum terbaru. Jadi, masing-masing kurikulum 2007 maupun kurikulum 2011 memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Pemilihan kurikulum yang tepat tentunya akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan unggul di bidangnya.

Tugas yang harus dikerjakan oleh para calon staf KMSEP 2016, yaitu bagaiamana pendapat anda tentang kurikulum yang sebaiknya kita gunakan? Apakah kurikulum 2007 yang bersifat spesifik? Atau kurikulum 2011 yang bersifat generalis?

Berikan pendapat anda beserta alasan anda mengapa anda memilih kurikulum tersebut di kertas A4, maksimal 2 lembar, diketik dengan jenis font Times New Roman ukuran 12pt, spacing 1.5, remove before-after paragraph!

Buka Bersama dan Bakti Sosial

baksosIMG_7383 (Large) IMG_7379 (Large)

Buka Bersama dan Bakti Sosial KMSEP merupakan kegiatan yang diadakan oleh departemen Kesejahteraan mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 26 Juni 2015 bertempat di P.A. Zuhriyah, Jl. Magelang Km.11, Drono Tridadi, Sleman. Pada acara ini memiliki tujuan untuk memberikan bakti sosial kepada panti asuhan di Yogyakarta dan saat bersamaan dengan bulan Ramadhan maka juga diadakan buka bersama mahasiswa sosek dengan anak panti asuhan. Acara ini bertema “Berbagi Cinta di Bulan Ramadhan”. Acara ini berisi pemberian materi sederhana tentang Pertanian oleh Endri Geovani mahasiswa sosek angkatan 2012. Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan pemberian sembako kepada pihak pengurus panti asuhan dan dilanjtukan dengan acara buka bersama mahasiswa sosek dengan anak-anak P.A. Zuhriyah.

RAT KOPMASEP

RAT KOPMASEP

RAT atau yang mempunyai kepanjangan Rapat Anggota Tahunan yang diadakan oleh KOPMASEP( Koperasi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian) ini diadakan pada tanggal 14 Maret. dalam rapat ini telah ditentukan AD & ART KOPMASEP tahun 2015. Dalam acara ini sekaligus juga menentukan struktur kepengurusan dari KOPMASEP. Pada tahun ini KOPMASEP diketuai oleh Larasati Firda Damayanti. Acara dapat berlangsung dengan sukses.

Launching KMSEP 2015

IMG_8587 IMG_8666 (Large)

Launching KMSEP diadakan pada tanggal 30 Maret 2015 bertempat di gedung A1 di ruang KPTU. Acara dimulai pada pukul 16.00, banyak sekali mahasiswa sosial ekonomi pertanian yang hadir sehingga membuat ruangan KPTU penuh. Kepercayaan yang telah diberikan oleh demisioner untuk kabinet tahun ini yaitu kabinet KOLEKTIF BERKARYA yang diketuai oleh Burhan Prasetyo Utomo. Pada tahun ini KMSEP akan mempunyai program kerja- program kerja yang baru dan juga besar. Besar harapan kepengurusan tahun 2015 akan lebik baik dan dapat mengemban amanah dari kepengurusan KMSEP tahun sebelumnya. KMSEP! JAYA! KMSEP 2015! KOLEKTIF BERKARYA!

RADIO SOSEK MENGUDARA

sosk mengudaraSosek Mengudara adalah program kerja terbaru dari Departemen Informasi dan Komunikasi. Radio Sosek Mengudara merupakan wadah untuk mahasiswa terutama dari prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian menyalurkan pengetahuannya tentang penyiaran sekaligus menyalurkan hobi para mahasiswa. Radio Sosek Mengudara onair setiap hari Jumat pukul 19.30-21.30 bisa didengarkan melalui streaming internet di radioinfokom.listen2myradio.com selain itu bisa juga di download aplikasi radionya di appstore/playstore dengan nama aplikasi listen2myradio kemudian search radioinfokom.

LKMM 2015

IMG_8244 IMG_7464LKMM ( Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa) 2015 adalah program dari departemen Pengembangan Organisasi untuk staff baru dalam KMSEP 2015 Kabinet Kolektif Berkarya. LKMM dilaksanakan di Villa Ngesti Laras, Kaliurang pada 21-22 Maret 2015. Acara ini diadakan dalam rangka persiapan mahasiswa untuk mengembangkan lebih kemampuan diri dalam memanejemen kegiatan dan melatih kepemimpinan dalam diri sendiri.

 

LKMM 2013

LKMM adalah singkatan dari Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa. Acara ini diadakan untuk menjaring mahasiswa /i SOSEK yang berkeinginan kuat untuk berkontribusi secara nyata di KMSEP. Acara LKMM pada periode ini diadakan dalam model yang sedikit berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Acara yang dilaksanakan terdiri atas 3 tahapan, yaitu tahap wawancara, tahap FGD (Focus Group Discussion), dan yang terakhir adalah tahap puncak dari LKMM yang dilaksanakan di gedung Sleman Youth Center selama 2 hari 1 malam. Rangkaian acara ini diadakan dengan maksud Read More →

Safari 2013

‘Mengabdi Dengan Cinta’

Safari yang diadakan di Dusun Kepek II, Gunung Kidul pada tanggal 7-9 Juni 2013 merupakan kegiatan tahunan KMSEP yang bertujuan untuk mengenalkan desa mitra sekaligus mengajarkan kepada mahasiswa sosek bagaimana mengabdi dengan cinta sesuai dengan tema acara safari 2013. Kegiatan safari ini diawali dengan pembekalan sebanyak dua kali dengan materi pupuk oleh Bapak Basoeki dan materi pembibitan oleh Ir.Anjal Anie Asmara, M.Si. Safari 2013 dibawahi Departemen Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Rasyid Aulia U sebagai kepala departemen diikuti sebanyak 60 peserta.

Kegiatan yang dilaksanakan Safari 2013 pada hari kedua tanggal 8 Juni 2013 adalah Read More →

Sosek English Society

Sosek Engglish Society adalah salah satu program kerja dari departemen keilmuan keluarga mahasiswa sosial ekonomi pertanian. Program ini merupakan wadah bagi mahasiswa sosek untuk belajar menyampaikan pendapat atau berargumen dalam bahasa inggris. Selain itu, program ini dapat juga sebagai wadah untuk mahasiswa sosek belajar mempresentasikan sesuatu dalam bahasa inggris.

Sebelum ada sosek english society terdapat suatu komunitas yang bernama Read More →