Kabinet Dulur Pakaryan

Saat ini, periode 2017/2018, KMSEP dipimpin oleh Mohammad Bimo H. (Agribisnis 2015) sebagai ketua dan Romario Iglesias Pakpahan (Agribisnis 2015) sebagai wakil ketua dimana pada kepemimpinannya diberi nama Kabinet Dulur Pakaryan. Nama kabinet ini berasal dari kata “Dulur” yang berarti keluarga dan “Pakaryan” dari kata dasar “Karya” yang memiliki arti bekerja seiring proses yang berjalan dengan kerja keras dan keprofesionalan. Dari kedua kata tersebut diharapkan kabinet ini memiliki semangat kekeluargaan untuk bersama bekerja dan berproses dalam KMSEP sehingga mencetak sumber daya manusia yang handal dan profesional.

Kabinet Dulur Pakaryan memiliki visi untuk menjadikan KMSEP sebagai lembaga yang dapat mempersatukan dan memfasilitasi mahasiswa sosial ekonomi pertanian UGM untuk berkembang dalam organisasi yang berasaskan kekeluargaan dan profesionalitas. Kemudian, terdapat 6 misi yang dimiliki oleh kabinet ini, yaitu menjaring aspirasi mahasiswa aktif sosial ekonomi pertanian UGM, menjalankan fungsi penguatan internal KMSEP, menjadikan KMSEP sebagai sebuah keluarga yang dapat mempersatukan seluruh mahasiwa sosial ekonomi pertanian UGM, menjalankan fungsi pengawasan dan penjaringan minat dan bakat mahasiswa aktif sosial ekonomi pertanian UGM, menjaga kerjasama dengan lembaga organisasi di lingkup Fakultas Pertanian UGM dan lingkup POPMASEPI dan menjalankan fungsi kaderisasi dengan baik.

KMSEP membawahi 7 departemen dan KOPMASEP, berikut nama – nama pengurus harian KMSEP periode 2017/2018 Kabinet Dulur Pakaryan :

*(kiri – kanan)

  1. Ketua Umum KMSEP : Mohammad Bimo H. (Agribisnis 2015)
  2. Wakil Ketua Umum KMSEP : Romario Iglesias Pakpahan (Agribisnis 2015)

  1. Sekretaris I KMSEP : Qurrotal Aini Eka B. (Agribisnis 2016)
  2. Bendahara KMSEP : Ivana Josepha Laia (Agribisnis 2016)
  3. Sekretaris II KMSEP : Asysyadiyah Indallah F. (Agribisnis 2016)

Departemen Pengembangan Organisasi (PO)

Kepala Departemen : M. Yusuf Musa (PKP 2016)

Departemen ini merupakan departemen yang berfungsi untuk meningkatkan manajemen & pembinaan mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebagai individu yang berjiwa kepemimpinan. Program kerja PO yaitu LKMM, Launching Kabinet, SGT (Sosek Get Together), KNP (Kula Nuwun Party), SBS (Srawung Bareng Sosek), Dies Natalis, dan lain-lain.

Departemen Pengabdian Masyarakat (PEMAS)

Kepala Departemen : Siti Afni Anisah (Agribisnis 2016)

Departemen ini merupakan departemen yang berfungsi sebagai wadah dan sarana bagi mahasiswa khususnya SOSEK yang memiliki minat di bidang kegiatan sosial pengabdian masyarakat. Program kerja PEMAS yaitu Sosek Daur Ulang, Donor Darah, KidsFarm, Bakti Sosial, Sembada, dan lain-lain.

Departemen Kewirausahaan

Kepala Departemen : Enindra Shafa (Agribisnis 2016)

Departemen ini merupakan departemen yang berfungsi sebagai wadah pelatihan, pembelajaran, dan pembekalan di bidang kewirausaan mahasiswa SOSEK. Program kerja Kewirausahaan yaitu Sosek Kreatif, SAP, Ceriwis, dan Kunjungan Kewirausahaan.

Departemen Keilmuan

Kepala Departemen : Amalisa Annestasya (Agribisnis 2016)

Departemen ini merupakan departemen yang berfungsi untuk mengembangkan dan menggali potensi mahasiswa SOSEK dengan menjadi fasilitator di bidang akademis untuk meningkatkan pengetahuan. Program kerja Keilmuan, yaitu Bank Soal, Belajar Bareng, Seminar KL, Seminar PKM, Forum Diskusi, dan Jogjajanan.

Departemen Informasi dan Komunikasi (INFOKOM)

Kepala Departemen : Vanya Farellia I. (Agribisnis 2016)

Departemen ini merupakan departemen yang berfungsi untuk menyampaikan segala informasi internal maupun eksternal yang ada dalam organisasi KMSEP. Program kerja INFOKOM yaitu Media Sosial KMSEP, Buletin Agrikomunika, Mading Medusa, Radio Infokom Sosek Mengudara, KOVI (Kongkow Video), dan Foto dan Video KMSEP.

Departemen Hubungan Masyarakat (HUMAS)

Kepala Departemen :

Tsaniya Yuris Aulia (PKP 2016)

 

Staff Ahli POPMASEPI :

Ridwan Asrul  N. (Agribisnis 2016)

 

 

Departemen ini merupakan departemen yang berfungsi sebagai wadah pengembangan jaringan ke dalam dan ke luar KMSEP dengan lembaga atau individu yang berorientasi pada akses informasi untuk mendewasakan lembaga. Program kerja HUMAS yaitu Kunjungan, Delegasi, Data Base, KUIL (Kunjungan Ilmiah), Gathering, dan Kunjungan Dosen.

Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (KESMA)

Kepala Departemen :

Adistri Yulsi Satiti (Agribisnis 2016)

 

Staff Ahli Minat dan Bakat :

Sadewo Putro W. (Agribisnis 2016)

 

Staff Ahli Kerohanian :

Ridlo Bima A. (Agribisnis 2016)

 

 

Departemen ini merupakan departemen yang berfungsi untuk mendampingi dan memfasilitasi mahasiswa SOSEK dalam bidang akademik dan non akademik seperti bidang olahraga, seni, dan kerohanian. Program kerja KESMA yaitu Sosek Cup, Sosek Quotes Reward, PIS, Latihan Rutin, Portani, Porsenigama, Sosek Berdakwah, dan lain-lain.

Koperasi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (KOPMASEP)

Kepala Biro : Ade Alfie Fitrianti (Agribisnis 2016)

KOPMASEP merupakan sebuah biro yang berfungsi sebagai wadah pembelajaran dan pelatihan bagi mahasiswa SOSEK, khususnya di bidang koperasi dan kewirausahaan. Program kerja KOPMASEP antara lain Rapat Anggota Tahunan (RAT), Pembuatan PDL, Simpanan (Menabung), Seminar Koperasi, Pulsa KOPMASEP, Pelatihan Pembuatan Barang Seni Kriya, dan Serba Usaha.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *