Departemen Hubungan Masyarakat atau bisa dikenal HUMAS bertugas dalam meningkatkan hubungan kepada pihak luar dan melakukan kerja sama program kerja yang memiliki visi yang serupa dengan KMSEP. Departemen ini memiliki program kerja dalam satu kali kepengurusan, berikut merupakan program kerja yang dilaksanakan :

1.Expo Pertanian

Expo Pertanian merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menginformasikan kepada mahasiswa baru Sosek terkait eksistensi KMSEP sebagai keluarga mahasiswa dari Departemen Sosial Ekonomi Pertanian UGM dan menumbuhkan minat mahasiswa baru Sosek untuk turut serta menjadi bagian dari kepengurusan KMSEP.

2. Database Sosek

Program kerja Database Sosek bertugas dalam menghimpun data alumni Sosek guna memudahkan pelaksanaan program kerja bersama alumni.

3. MARTABAT (Bersama Mitra Kita Lebih Hebat)

MARTABAT merupakan program kerja yang bertujuan dalam mengembangkan hubungan eksternal melalui sebuah kemitraan kerja atau projek dan mengimplementasikan ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Kegiatan ini berupa sosialisasi dan mini workshop kepada masyarakat umum, khusunya panti asuhan.

4. BEBAS (Berbincang Bersama Alumni Sosek)

BEBAS merupakan program kerja yang bertujuan untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan alumni melalui kegiatan temu alumni dan menambah wawasan mahasiswa Sosek terkait prospek kerja sebagai lulusan Sosek.

5. Kunjungan 

Kunjungan dilakukan dalam rangka menjalin dan menjaga hubungan eksternal KMSEP
dan mendewasakan lembaga. Kunjungan Internal dilakukan bersama dengan Hima/KM se-fakultas pertanian sedangkan kunjungan eksternal dilakukan bersama dengan Hima/KM antar universitas, dengan teknis berupa perkenalan kabinet dan Focus Group Discussion.

6. KUIL SOSEK (Kunjungan Ilmiah Sosek)

KUIL SOSEK merupakan program kerja yang bertujuan untuk mengembangkan hubungan eksternal KMSEP dan memperluas wawasan terkait implementasi ilmu Sosial Ekonomi Pertanian melalui kegiatan kunjungan universitas (Sosek Pertanian) dan agroindustri.

7. Pendelegasian dan Pengkaderan

Program kerja pendelegasian bertujuan untuk menjalin hubungan eksternal dan menjaga eksistensi KMSEP sebagai lembaga yang aktif dan partisipatif di lingkungan eksternal.

8. Media Partner

Media partner dilakukan dalam rangka memperluas koneksi atau hubungan eksternal KMSEP dengan lembaga akademik maupun non akademik.