Departemen Koperasi Mahasiswa bertugas dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa pada bidang koperasi dan mengelola inventarisasi organisasi. Departemen ini memiliki program kerja dalam satu kali kepengurusan, berikut merupakan program kerja yang dilaksanakan :

1.RAT (Rapat Anggota Tahunan)

RAT (Rapat Anggota Tahunan) merupakan kegiatan yang dilakukan setiap akhir tutup buku KOPMASEP yang di dalamnya terdapat pembahasan AD-ART, pembacaan laporan pertanggungjawaban pengurus, laporan pertanggungjawaban pengawas, pembentukan kepengurusan baru, dan pembagian sisa hasil usaha (SHU) bagi anggota.

2. RK dan RAPB (Rapat Anggota Rencana Kerja dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja)

RK dan RAPB merupakan Rapat Anggota yang membahas mengenai rencana kerja periode baru dalam kepengurusan Koperasi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian.

3. Simpanan

Jenis simpanan bagi anggota terbagi atas 3 kategori, antara lain simpanan pokok sebesar Rp 10.000,00 yang dibayarkan satu kali saat awal pendaftaran menjadi anggota, simpanan wajib sebesar sebesar Rp 5.000,00 yang dibayarkan setiap bulan sampai masa kepengurusan berakhir, dan simpanan sukarela yang tidak memiliki ketentuan nominal.

4. Pembuatan PDL Sosek

Pakaian Dinas Lapangan (PDL) merupakan pakaian yang bertujuan untuk
menunjukkan identitas mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian. Pembuatan PDL SOSEK ditujukan untuk mahasiswa baru SOSEK.

5. Merchandise Sosek

Penjualan merchandise dilakukan dengan tujuan untuk memutar uang simpanan anggota KOPMASEP serta keuntungan dari penjualan tersebut dapat menambah SHU (Sisa Hasil Usaha) dalam simpanan.

6. ASW

Agricultural Sosieconomic Week merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk seminar mengenai dunia koperasi dan wirausaha serta lomba poster yang terbuka bagi kalangan umum. Program kerja ini merupakan kerja sama antara Departemen Kewirausahaan  dengan Biro Koperasi Mahasiswa. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperluas pengetahuan dan mengenalkan kepada para mahasiswa khususnya Sosial Ekonomi Pertanian mengenai dunia koperasi dan membangkitkan semangat untuk berwirausaha.

7. Pelatihan Kewirausahaan

Pelatihan kewirausahaan merupakan kegiatan berupa pemberian pelatihan guna meningkatkan skill berwirausaha bagi mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian, seperti membuat bisnis plan, marketing, financial planning, motivasi, hingga permodalan melalui pelatihan atau workshop. Program kerja ini merupakan kerja sama antara Departemen Kewirausahaan  dengan Biro Koperasi Mahasiswa