Departemen Kewirausahaan merupakan departemen yang bertugas dalam menaungi mahaiswa SOSEK yang memiliki bisnis dan meningkatkan kapabilitas mahasiswa SOSEK di bidang kewiraushaan. Departemen ini memiliki program kerja dalam satu kali kepengurusan, berikut merupakan program kerja yang dilaksanakan :

1.Pelatihan Kewirausahaan

Pelatihan kewirausahaan merupakan kegiatan berupa pemberian pelatihan guna meningkatkan skill berwirausaha bagi mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian, seperti membuat bisnis plan, marketing, motivasi, hingga permodalan. Program kerja ini merupakan kerja sama antara Departemen Kewirausahaan  dengan Biro Koperasi Mahasiswa.

2. ASW (Agricultural Sosieconomic Week)

Agricultural Sosieconomic Week merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk seminar mengenai dunia koperasi dan wirausaha serta lomba poster yang terbuka bagi kalangan umum. Program kerja ini merupakan kerja sama antara Departemen Kewirausahaan  dengan Biro Koperasi Mahasiswa. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperluas pengetahuan dan mengenalkan kepada para mahasiswa khususnya Sosial Ekonomi Pertanian mengenai dunia koperasi dan membangkitkan semangat untuk berwirausaha.

3. CERIWIS (Cerita Wirausahawan Sukses)

Ceriwis merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Kewirausahaan dan Departemen Hubungan Masyarakat yang bertujuan untuk mewadahi mahasiswa Departemen Sosial Ekonomi Pertanian melakukan kunjungan ke pelaku wirausaha sehingga mendapatkan transfer ilmu yang diharapkan mampu memberikan pemahaman mengenai kegiatan wirausaha yang baik.

4. DURASE

DURASE merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Kewirausahaan dan Departemen Pengabdian Masyarakat KMSEP yang bertujuan untuk memberdayakan UMKM di sekitar Yogyakarta kepada seluruh mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian dan masyarakat umum.

5. Sosekpreneur

Sosekpreneur merupakan program  KMSEP dalam membantu meningkatkan promosi bisnis mahasiswa Departemen Sosial Ekonomi Pertanian agar dapat berkembang dan menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lain.