Departemen Pengembangan Organisasi atau biasa disebut PO merupakan departemen yang berfungsi untuk meningkatkan manajemen & pembinaan mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebagai individu yang berjiwa kepemimpinan. Departemen ini memiliki beberapa program kerja untuk satu tahun kepengurusan, berikut merupakan program kerja yang dilaksanakan :

1. Upgrading Pengurus

Upgrading merupakan kegiatan yang diselenggarakan 2-3 kali dalam satu periode kepengurusan KMSEP untuk mengasah dan menambah skill pengurus KMSEP. Upgrading mengundang pemateri di bidangnya yang nantinya akan berbagi informasi dan pengalamannya. 

Upgrading pengurus dilaksanakan pada:

    • 13 Januari 2022, “Membangun Sumber Daya Unggul Pengurus KMSEP”
    • 17 April 2022, “Membangun Keterampilan dan Kreativitas di Era Digital”

2. Srawung Bareng Sosek (SBS) 

SBS merupakan kegiatan yang berbentuk penyambutan dan pengenalan kepada mahasiswa/i baru Sosek 2022. Rangkaian kegiatan SBS antara lain penyambutan, penyampaian materi (akademik dan non-akademik), dan persembahan dari mahasiswa/i baru Sosek 2022.

3. Kulo Nuwon Party (KNP)

KNP merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa/i baru Sosek 2022 sebagai penugasan akhir dari rangkaian SBS. Kegiatan KNP merupakan ajang pentas seni oleh mahasiswa/i baru Sosek 2022 yang bertujuan untuk mempererat rasa kekeluargaan serta menggali potensi diri mahasiswa/i baru Sosek 2022.

4. Evaluasi Triwulan 

Evaluasi Tri Wulan merupakan wadah bagi KMSEP untuk mengevaluasi kepengurusan KMSEP selama 3 bulan sekali. Evaluasi Tri Wulan ini dilaksanakan pada bulan Juni dan Oktober. Kegiatan ETW ini juga diikuti dengan apresiasi triwulan yaitu memberikan apresiasi kepada best staff KMSEP di setiap departemen selama 3 bulan sekali melalui survei.

5. Dies Natalis KMSEP

Dies Natalis merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun Keluarga Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (KMSEP).

6. Rembug SOSEK

Rembug SOSEK merupakan suatu kegiatan sharing dan diskusi terkait permasalahan di lingkungan mahasiswa/i Sosial Ekonomi Pertanian. Isi dari kegiatan ini yaitu permasalahan yang dibahas dalam kegiatan ini berasal dari hasil survei (Google form) panitia terhadap mahasiswa/i di setiap angkatan dan yang terjun langsung di KMSEP, Jogjajanan, Popmasepi, Victory SOSEK, dan Kawolu (K8). Dalam pelaksanaannya, setiap angkatan mengirimkan 1-3 orang sebagai perwakilan menjadi pembicara dalam sesi sharing dan diskusi.

7. Upgrading Departemen

Upgrading departemen merupakan kegiatan yang diselenggarakan pada pertengahan kepengurusan guna mengevaluasi atau memperbaiki kepengurusan KMSEP di setiap departemen.

8. Debat Calon Ketua KMSEP

Debat calon merupakan kegiatan untuk mengetahui serta mengenal lebih dalam tentang kandidat calon ketua KMSEP. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui visi dan misi serta grand design dari setiap kandidat calon ketua KMSEP.

9. Musyawarah Anggota

Musyawarah anggota adalah kegiatan musyawarah atau sidang yang dipimpin oleh 3 pimsid. Musyawarah anggota membahas seputar AD, ART dan GBHO, serta melantik ketua KMSEP terpilih, dewan formatur, dan DPO yang baru. Selain itu, musang juga membahas dan melaporkan LPJ kepengurusan KMSEP periode 2021/2022.

10. Ulang Tahun Pengurus

Ulang tahun pengurus merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh pengurus KMSEP 2022 yang sedang berulangtahun, sehingga dapat terbentuk rasa solidaritas dan terjalinnya rasa kekeluargaan antar pengurus.

11. Farewell Party

Farewell party merupakan kegiatan penutupan dan pembubaran pengurus KMSEP. Kegiatan ini meliputi pentas seni dan apresiasi terhadap Pengurus Harian KMSEP periode 2021/2022.